Cara Agar UKM Survive di Tahun 2021

Cara Agar UKM Survive di Tahun 2021

Dalam membuka usaha, dibutuhkan banyak sekali keterampilan, modal, pengetahuan, dan lain-lain. Namun, jika ingin usaha yang dimulai bertahan, dibutuhkan lebih banyak hal selain itu. Iklan adalah salah satu contoh usaha untuk memperkenalkan produk atau jasa atau usaha yang baru dirintis. Tujuannya apa? Adalah agar target konsumen dari usaha tersebut dapat melihat usaha yang diiklankan. Semua kegiatan yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah usaha survive, pasti akan dilakukan. Namun, di era digital seperti ini, apa itu saja cukup untuk membuat suatu usaha bertahan?

Di era digital, yang semuanya sudah terdigitalisasi, mungkin sudah saatnya untuk usaha-usaha lain untuk adaptasi, karena jika masih menggunakan metode lama, maka bukan tidak mungkin mereka yang akan tergerus oleh teknologi. Salah satu adaptasi yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan digital marketing. Kenapa digital marketing? Salah satu tujuan dari digital marketing adalah untuk menjangkau target pelanggan dengan efektif dan efisien melalui semua media digital yang tersedia, sebagai contoh sederhana, jika iklan mungkin mempromosikan kepada semua orang, digital marketing bisa dibilang membuat hal tersebut lebih spesifik, yaitu mencari orang-orang yang memang tertarik untuk dipromosikan ke usaha itu sendiri.

Digital marketing sendiri memberikan banyak sekali keuntungan bagi usaha yang melakukannya. Sebagai contoh, digital marketing dapat membantu suatu usaha untuk mengenal target pelanggan melalui online. Kenapa bisa seperti itu? Kita dapat mengetahui tingkat permintaan pelanggan secara online, melalui digital marketing ini, dan secara tidak langsung juga kita akan mengetahui apa yang pelanggan mau, apa yang calon konsumen sukai dan tidak suka oleh calon atau target konsumen kita. Dan dengan digital marketing, kita bisa meriset kata kunci yang dapat digunakan oleh kita untuk menarik perhatian calon konsumen ke situs bisnis kita. Dengan mengetahui kata kunci apa yang digunakan oleh calon konsumen, kita bisa mengetahui apa yang konsumen cari dan bisa menggiring mereka ke situs usaha kita.

Digital marketing juga dapat membantu kita untuk mengetahui informasi yang rinci tentang calon konsumen. Karena mungkin jika Google Analytics mungkin hanya bisa membantu untuk melihat berapa banyak jumlah kunjungan ke situs web, namun jika digital marketing bisa lebih dari itu. Pertanyaannya sekarang adalah, di era digital seperti ini, apa bisa suatu usaha bertahan tanpa menggunakan digital marketing?

Sebenarnya, usaha tetap bisa dilakukan tanpa harus menggunakan digital marketing, sebagai contoh usaha-usaha makanan yang ada di pinggir jalan, apa mereka menggunakan digital marketing? Tentu saja tidak, tetapi usaha mereka tetap berjalaan. Namun, jika ingin usaha yang dijalankan lebih berkembang, rasanya sulit jika berkembang tapi tidak melakukan apa-apa, apalagi di era digital seperti ini. Jadi, digital marketing diperlukan untuk mereka yang memang menginginkan usahanya untuk maju, untuk berkembang.