Lebih Akrab Dengan Brand Awareness

Lebih Akrab Dengan Brand Awareness

Kebutuhan hidup manusia tidak akan pernah ada habisnya. Dalam usaha untuk memenuhi kebutuhannya, sadar atau tidak, ada beberapa merek yang seakan melekat dengan kehidupan kita. Misalnya, merek apa yang terlintas pertama kali di kepala anda jika bicara tentang produk air mineral? Atau apa mesin pencari informasi di internet yang paling sering anda gunakan? Merek-merek tersebut menunjukkan adanya suatu brand awareness. Baik barang maupun jasa perlu memiliki aspek tersebut. Namun, apa itu sebenarnya brand awareness?

Mungkin banyak yang masih asing dengan kata tersebut, atau, adapula perusahaan yang sudah melakukan kegiatan awareness namun tidak menyadari bahwa kegiatan yang ia lakukan adalah untuk meningkatkan keperdulian terhadap produk/bisnis yang sedang ia jalankan.

Singkatnya, Brand awareness atau dalam Bahasa Indonesia disebut juga dengan kesadaran merek adalah kemampuan konsumen untuk mengingat dan mengenali nama, logo, bahkan slogan suatu merek. Brand awareness penting dimiliki untuk suatu usaha atau perusahaan karena bukan hanya berguna untuk menarik konsumen namun juga membuat konsumen tetap membeli produk dari brand tersebut. 

Kesadaran merek ini bisa membangun rasa kepercayaan pelanggan. Pelanggan akan terus membeli produk dengan merek tertentu karena ada perasaan ‘kenal’ dengan brand tersebut. Hal ini berarti perlu adanya sebuah usaha untuk membangun hubungan emosional antara pelanggan dan usaha atau perusahaan terkait. 

Hidup di era revolusi industri 4.0 membuat kita semakin melek digital. Penemuan internet menjadi titik awal perubahan besar yang terjadi di sejarah hidup manusia. Media online menjadi platform pilihan yang tepat untuk meningkatkan brand awareness ini. Apalagi dengan adanya dunia industri kreatif yang kian massif. Mulai dari kehadiran influencer hingga sosial media yang terus memudahkan untuk mempromosikan produk dan bisnis kita. Maka dari itu, di masa sekarang, menggunakan platform online ini sangat disarankan untuk membantu pebisnis mendongkrak brand awareness mereka. 

Ada banyak cara untuk membangun kesadaran merek ini. Meningkatkan brand awareness bukan hanya sekedar memasang iklan dimana-mana. Melainkan, perlu adanya langkah-langkah yang efektif untuk membantu anda bertahan dan memajukan bisnis anda di iklim persaingan yang ketat. Brand awareness merupakan fondasi dari suatu produk. Perlu strategi yang tepat untuk mencapai hal tersebut. Kesadaran merek juga menambah nilai tambah terhadap produk anda. Jadi pastikan diri anda paham dengan tujuan dari brand awareness dan cara tepat untuk melakukannya. Semoga bermanfaat.